Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo Lakukan Kunker Pelaksanaan TMMD Ke-119 Kodim 0322/Siak Di Kampung Sungai Tengah 

Rabu, 06 Maret 2024 - 00:41:04 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 0322/Siak guna meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 yang diadakan di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (05/04/2024).

Kehadiran rombongan Aster Kasad tampak disambut langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSI, Dandim Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M.Han dan sejumlah pejabat Pemda serta seluruh Danramil se-Kabupaten Siak.

Dalam arahannya Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP menyampaikan bahwa dampak perubahan iklim ataupun fenomena perubahan iklim saat ini semakin mengkhawatirkan serta memicu dampak yang lebih luas diberbagai belahan Indonesia. 

"Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2023 dari BPS sebesar 90,93% rumah tangga memiliki akses air minum layak, 9,07% penduduk Indonesia belum memiliki akses air minum layak  atau sekitar 25.277.183 orang," ujar Mayjen TNI Joko Hadi Susilo SIP.

Oleh karena itu lanjut dia, program unggulan Teritorial sesuai arahan Kasad untuk saat ini iyalah seperti TNI manunggal air, Ketahanan pangan, bersatu dengan alam dan pembersihan lingkungan, pendampingan dan percepatan penanganan stunting serta renovasi RLTH dan MCK yang semua itu juga dilaksanakan dalam kegiatan TMMD.

Dalam kesempatan itu, Dandim Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M.Han, ia pun melaporkan langsung progres pencapaian tim satgas TMMD Kodim Siak pada hari ke-14 saat ini.

Seperti kegiatan fisik peningkatan ruas jalan sepanjang 1.300 M x lebar 4 M x tebal 20 Cm dengan menggunakan Cor Beton sudah mencapai progres 64,9%.

"Material berupa Pasir, kerikil pecah, mal dan cor beton, semen serta alat berat 100 % telah tersedia di lokasi TMMD, dan pengecoran mengunakan alat berat sesuai ketentuan dalam pembangunan infrastruktur berupa jalan," ulas Dandim.

Selain itu terang Dandim, tim satgas TMMD juga melakukan kegiatan non fsik, seperti penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba, Penyuluhan Tentang Pertanian, Penyuluhan Tentang Keluarga Berencana (KB), Penyuluhan Tentang Komunikasi Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan Tentang Kebakaran Hutan Dan Lahan, yang keseluruhannya telah mencapai progres 100%.

"Sementara untuk penyuluhan tentang pemberdayaan UMKM dan penyuluhan tentang Hukum Dan Agraria kedua penyuluhan ini masih dalam progres 0%," ulasnya.

Dandim juga tak lupa melaporkan tentang kegiatan tambahan ataupun program unggulan Kasad dalam pelaksanaan TMMD tersebut, seperti perehaban Mushollah sebanyak 1 unit yang telah mencapai progres 73% dan Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 4 Unit dengan capaian kinerja 56%.

 "Sementara untuk Karya Bhakti Pembersihan Pasar Sabak Auh, capaian kerja masih 0 %, kemudian untuk pembangunan MCK 2 Unit, capaian kerja sudah 77%, dan manunggal air bersih 2 titik masih 0%," paparnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex